Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Membuat Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Master terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTsN Model Padang

Fradila, Dona (2011) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Membuat Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Master terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTsN Model Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DONA FRADILA-84024-2011.pdf] Text
final_B1_DONA FRADILA-84024-2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya siswa yang kurang tertarik mempelajari biologi karena menganggap biologi bersifat hafalan.  Kurangnya minat siswa dalam mempelajari biologi berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Kurangnya minat disebabkan strategi yang kurang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dan
mudah bosan dalam belajar selain itu semangat belajarnya menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan variasi dalam proses pembelajaran, yaitu dengan pemberian tugas rumah membuat mind map sebelum
penerapan model pembelajaran MASTER. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah membuat mind map sebelum penerapan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII semester 2 MTsN Model Padang tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Model Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling, dengan kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil tes akhir, didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen
79,93 sedangkan kelas kontrol 75,94. Setelah data dianalisis didapatkan t =2,21 dan t tabel = 1,67, dengan demikian t
hitung > t , maka hipotesis diterima.Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu pemberian tugas rumah
membuat mind map sebelum penerapan model pembelajaran MASTER
berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTsN Model Padang, dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:44
Last Modified: 02 Dec 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30902

Actions (login required)

View Item
View Item