Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Ghazali, Rahmat (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHMAT GHAZALI_86188_2012.pdf] Text
final_B1_1_RAHMAT GHAZALI_86188_2012.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa siswa cenderung mengandalkan semua informasi dari guru. Selain itu siswa belum termotivasi untuk saling berbagi pengetahuan diantara sesama siswa sehingga kurangnya komunikasi dan interaksi antara siswa selama proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa adalah melalui penerapan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan. Rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah aktivitas siswa selama pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan dan apakah hasil belajar siswa dengan pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan lebih tinggi dari hasil belajar melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 12 Padang? Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design dengan populasi adalah siswa kelas VII SMPN 12 Padang. Sampel terpilih yaitu kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar matematika siswa meningkat, terutama pada aktivitas siswa melengkapi jawaban dan mengerjakan latihan yang ada di LKS. Dari analisis data hasil belajar di peroleh Pvalue = 0,028, karena Pvalue < α = 0,05 ini berarti Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar dengan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 12 Padang, dengan rata-rata kelas eksperimen 70,5 dan rata-rata kelas kontrol 60,6.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN AKTIF, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:43
Last Modified: 02 Dec 2025 00:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30894

Actions (login required)

View Item
View Item