Almi, Robby (2022) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ROBBY_ALMI_15016022_5721_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan
Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi
siswa kelas X SMA Pemmbangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan
kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembanungan
Laboratoriu UNP.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar
pada tahun ajaran 2022/2023, yaitu sebanyak 158 orang siswa. Sampel dalam
penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari
populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes
keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor hasil tes keterampilan
menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes
objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan
tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman
teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratoriumm UNP berada
pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 79,39. Kedua, keterampilan
menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP
berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,23. Ketiga, terdapat
kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan
Laboratorium UNP Panjang sebesar 76,39%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi berkontribusi sebesar 76,39 %
terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik keterampilan
membaca pemahaman teks eksposisi (X) akan semakin baik pula keterampilan
menulis teks eksposisi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca
pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:42 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30893 |
