Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI MIA SMAN 4 Padang

Lestari, Yuli (2015) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI MIA SMAN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULI_LESTARI_1106205_5196_2015.pdf] Text
final_B1_1_YULI_LESTARI_1106205_5196_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang penting adalah mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kenyataan di lapangan ditemukan di kelas XI MIA SMAN 4 Padang kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang berlangsung belum mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis mereka. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL diyakini dapat mengatasi rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa karena pada kegiatan pembelajarannya ada beberapa fase yang dapat mendukung untuk tercapainya indikator penalaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas XI MIA SMAN 4 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI MIA SMAN 4 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana (simple randomized sampling), yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes akhir yang penilaiannya difokuskan pada kemampuan penalaran matematis yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata = 0,05 diperoleh P-value = 0,045, karena P-Value < , maka tolak . Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIA SMAN 4 Padang tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:48
Last Modified: 02 Dec 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30884

Actions (login required)

View Item
View Item