Putri, Desy Dewi (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Teknik SQ3R Siswa Kelas X TN SMK Negeri 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESY_DEWI_PUTRI_76938_1509_2011.pdf
Download (383kB)
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah peningkatanmembaca pemahaman dengan teknik SQ3R siswa kelas X TN SMK Negeri 1Sawahlunto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan teknikSQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X TNSMK Negeri 1 Sawahlunto Tahun Pelajaran 2010/2011. Berkaitan denganpermasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)hakikat pembelajaran, 2) hakikat membaca pemahaman, dan 3) hakikat teknik SQ3R.Jenis penelitian tindakan kelas yaitu kuantitatif dan kualitatif denganmenggunakan metode deskriptif. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa tesunjuk kerja tertulis siswa, sedangkan data kualitatif berupa lembar observasi, lembarangket respon siswa terhadap pembelajaran sebagai instrument, dan catatan lapangan.Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur,yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi/pengamatan, dan 4) refleksi. Setiapsiklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XTN SMK Negeri 1 Sawahlunto berjumlah 31 orang.Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkan kemampuanmembaca pemahaman dengan teknik SQ3R siswa kelas X TN SMK Negeri 1Sawahlunto pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam(1) menentukan ide pokok dari kualifikasi lebih dari cukup tetap menjadi kualifikasilebih dari cukup; (2) menentukan ide-ide rincian dari kualifikasi cukup menjadikualifikasi lebih dari cukup; (3) menentukan organisasi tulisan dari kualifikasi hampircukup menjadi kualifikasi baik sekali; dan (4) menentukan penggunaan bahasadalam wacana dari kualifikasi lebih dari cukup menjadi kualifikasi baik sekali.Kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik SQ3R pada seluruhaspek secara umum sudah dikatakan lebih dari cukup. Hal ini terbukti dari rata-ratahasil tes pada siklus II yaitu 74,64%. Namun, dibandingkan dengan hasil tes padasiklus I terjadi peningkatan yaitu dari 64,29% menjadi 74,64% meningkat 10,35%.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai kemampuanmembaca pemahaman dengan menggunakan teknik SQ3R siswa kelas X SMKNegeri 1 Sawahlunto terdapat peningkatan dari siklus II dibandingkan siklus I sudahmencapai (KKM 65%) KTSP SMK Negeri 1 Sawahlunto.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEMBACA |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:41 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30867 |
