Elfitria, Desy (2009) Problematika Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau di SD Negeri 48 Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESY ELFITRIA 67059-05-09.pdf
Download (100kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai problematikayang dialami oleh guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaranBAM. Pentingnya masalah ini diteliti karena proses pembelajaran BAM di sekolahselama ini dianggap belum optimal. Selain itu, penelitian mengenai pembelajaran BAMbelum pernah diteliti.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkanmelalui observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Data diolah dan dianalisis melaluitahap-tahap berikut. Pertama, mengidentifikasi data yang telah dikumpulkan. Kedua,mengklasifikasikan data. Ketiga, menganalisis data sesuai dengan teori. Keempat,menginterpretasikan data. Kelima, menarik kesimpulan dan membuat laporan.Hasil penelitian menyimpulkan tiga hal. Pertama, masalah yang dialami gurukelas dalam perencanaan pembelajaran BAM yaitu (1) kurangnya sumber yangdigunakan sehingga malas dalam membuat RPP, (2) waktu tidak mencukupi untukmembuat perencanaan (RPP), (3) tidak pandai atau mengerti apa yang akan ditulis, (4)tidak pernah mengikuti penataran atau pelatihan mengenai pembelajaran BAM, sehinggaperencanaan pembelajaran apa adanya saja, dan (5) pernah mengikuti penataran satu kali,tetapi tidak pernah ilmu yang diperoleh tersebut dikembangkan. Kedua, masalah yangdialami oleh guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran BAM yaitu (1) kurangmenguasai materi, (2) tidak adanya media pendukung dalam proses pembelajaran,misalnya mimiatur rumah adat, pakaian penghulu, dan pakaian pengantin, (3) bukupenunjang pembelajaran sangat minim, (4) kadang-kadang pembelajaran BAMdigantikan dengan pembelajaran lain karena kurang memahaminya, (5) murid kurangmemahami materi tanpa dilihatkan langsung benda konkretnya, (6) pada umumnya gurubanyak menggunakan metode ceramah, dan (7) kurang mampu memotivasi murid.Ketiga, masalah yang ditemui oleh guru kelas dalam evaluasi pembelajaran BAM yaitu(1) murid kurang mampu menjawab soal yang diberikan jika ditanyakan pendapatmereka, (2) tes yang diberikan hanya berdasarkan buku pegangan, (3) evaluasi kadangkadang tidak dilaksanakan setelah berakhirnya proses pembelajaran, dan (4) evaluasiyang diberikan tidak sesuai dengan indikator yang ada dalam RPP.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN BUDAYA BUDAYA ALAM MINANG KABAU |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:40 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30856 |
