Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS SMA Tri Bhakti Pekanbaru

Wiserman, Wiserman (2015) Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS SMA Tri Bhakti Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_WISERMAN_20223_3095_2016 1.pdf] Text
final_1_WISERMAN_20223_3095_2016 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pendekatan kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis karangan deskripsi. Penelitian eksperimen semu ini dilaksanakan di SMA Tri Bhakti Pekanbarupada semester kedua tahun pelajaran 2013-2014 dan melibatkan sampel sebanyak 78 siswa kelas XI IPS, yang terdiri dari 39 siswa XI IPS 2 dan 39 siswa XI IPS 3. Sampel penelitian denganmenggunakan random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah rancangan faktorial 2 x 2. Hasil penelitian penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis karangan deskripsimenunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajarkan dengan Pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional., (3) terdapat perbedaanhasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (4) Tidak terdapat interaksi atau pengaruh antara pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar karangan deskripsisiswa kelas XI IPS SMA Tri Bhakti Pekanbaru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendekatan kontekstual dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Wiserman 2015. “Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS SMA Tri Bhakti Pekanbaru”. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:38
Last Modified: 02 Dec 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30843

Actions (login required)

View Item
View Item