Nofiarti, Nofiarti (2012) Minat Belajar Siswa tentang Kompetensi Keterampilan Kelas VIII di MTsN Payakumbuh Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_NOFIARTI_52804_2564_2012.pdf
Download (906kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah bahwa minat siswa tentang kompetensi keterampilan membuat taplak meja dengan menggunakan sulaman fantasi masih kurang. Oleh karena itu perlu diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan minat belajar siswa tentang kompetensi mempelajari keterampilan membuat taplak meja dengan menggunakan sulaman fantasi di MTsN Payakumbuh Kota Payakumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 198 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah bahagian dari populasi diperoleh 40 orang siswa. Indicator dalam penelitian ini berupa : kekuatan motif, perhatian dan perasaan senang siswa terhadap mata pelajaran seni budaya dalam mempelajari keterampilan membuat taplak meja dengan menggunakan sulaman fantasi. Instrument penelitian ini adalah berupa angket, untuk mendapatkan data dilakukan uji coba instrument, uji coba dilakukan dengan system SPSS versi 16.00, sedangkan teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa minat siswa kelas VIII terhadap mata pelajaran seni budaya dalam mempelajari keterampilan membuat taplak meja dengan menggunakan sulaman fantasi di MTsN Payakumbuh termasuk kategori tinggi, dengan perolehan skor rata-rata 3.6 dengan tingkat pencapaian respondennya 72.5%, minat siswa dari aspek kekuatan motif diperoleh skor ratarata 3.36 dengan tingkat ketercapaian responden 67.14% termasuk kategori tinggi, minat siswa dari aspek perhatian diperoleh skor rata-rata 3.72 dengan tingkat ketercapaian respondennya 74.5% termasuk kategori tinggi dan minat siswa dari segi perasaan senang diperoleh skor rata-rata 3.8 dengan tingkat ketercapaian respondennya 75.9% termasuk kategori tinggi. Disarankan pada siswa lebih meningkatkan minat belajar dan guru lebih mengarahkan siswa dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:18 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30833 |
