Sumantari, Sumantari (2010) Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Motivasi dan Bahasa Indonesia Siswa dalam Menulis Puisi di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Bantan Tengah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SUMANTARI_93210_6251_2012.pdf
Download (163kB)
Abstract
Menulis kreatif puisi merupakan salah satu bidang apresiasi sastra dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Materi pembelajaran ini diajarkan di kelas VIII dan IX. Namun kenyataan di SMP Negeri 3 Bantan Tengah khususnya kelas VIII B, materi ini masih menemukan banyak kendala dan cenderung untuk dihindari. Kecenderungan ini disebabkan antara lain siswa bahkan guru menganggap pembelajaran menulis puisi sesuatu yang sulit dan memerlukan bakat khusus. Akibatnya kemampuan dan motivasi siswa untuk menghasilkan karya-karya puisi masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan penerapan pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi bebas. Data diambil dengan cara mengobservasi motivasi belajar dalam proses dan menguji kemampuan siswa sebanyak 31 orang melalui tes menulis puisi bebas. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, masing masing tahap terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa meningkat dari 54,4% pada tahap pertama menjadi 75,9% pada tahap kedua. Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 63,3 menjadi 70,3. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi bebas di kelas VIII B SMP Negeri 3 Bantan Tengah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sumantari, 2010, Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Motivasi dan Bahasa Indonesia Siswa dalam Menulis Puisi di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Bantan Tengah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:04 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30825 |
