Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Materi Mengidentifikasi Komponen Pasif Elektronika dalam Bentuk DVD Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bangkinang

Sulhadi, Sulhadi (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Materi Mengidentifikasi Komponen Pasif Elektronika dalam Bentuk DVD Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bangkinang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SULHADI_52909_6267_2012.pdf] Text
final_1_SULHADI_52909_6267_2012.pdf

Download (201kB)

Abstract

Dasar Elektronika merupakan mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan Teknik Elektronika kompetensi keahlian Teknik Audio Video adalah materi dasar yang diberikan pada siswa di kelas X, menuntut pemahaman konsep, prinsip kerja serta identifikasi komponen dasar elektronika. Materi dasar elektronika terutama pada pengenalan komponen banyak berhubungan dengan berbagai macam bentuk fisik, jenis dan cara membaca nilai komponen. Agar konsep-konsep materi, prinsip kerja dan bentuk jenis-jenis mudah dipahami oleh siswa, salah satu caranya adalah melalui penyampaian materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi (TIK) yaitu media DVD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur pengembangan menggunakan 4-D model (four-Models) terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran audio visual dalam bentuk DVD. Pada tahap develop dilakukan validasi dan uji coba terbatas pada SMK Negeri 1 Bangkinang kelas X AV2, untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran audio visual dalam bentuk DVD interaktif yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan. Data yang diperoleh untuk menentukan kevalidan media pembelajaran audio visual dalam bentuk DVD interaktif berasal dari lembaran validasi. Data yang diperlukan untuk menentukan praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas guru dan siswa. Data efektifitas diperoleh dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual dalam bentuk DVD valid, praktis dan efektif. Rata-rata validitas media (83,90). Praktikalitas yang diamati ditinjau dari angket praktikalitas untuk guru (89,66) dan siswa (83,81). Media pembelajaran dalam bentuk DVD ini efektif, ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian adalah Media Pembelajaran audio visual materi mengidentifikasi komponen pasif elektronika kelas X SMK dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual,Komponen Pasif Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:49
Last Modified: 01 Dec 2025 06:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30820

Actions (login required)

View Item
View Item