P, Yudi Afriyanda (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Penggunaan Media VCD dengan Media Grafis pada Pembelajaran Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YUDI_AFRIYANDA_PUTRA_05362_252_2013.pdf
Download (483kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media VCD dengan media grafis pada pembelajaran geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matching Pretest-Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa di kelas X SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajarah 2012/2013 yang berjumlah sebanyak 176 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik multivarios. Dimana kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2012. Untuk menguji keberhasilan siswa dalam belajar menggunakan tes yang telah dianalisis daya beda soal, tingkat kesukaran soal, valid dan reliabilitas soal. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunaan media VCD dengan media grafis pada pembelajaran geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung lebih besar ttabel dengan = 0,05 yaitu 6,00 > 2,00 dan nilai rata-rata kelas eskperimen sebesar 82,60 dan kelas sampel 62,43. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada guru agar dapat mengunakan media VCD sebagai salah satu alternatif bagi guru mata pelajaran geografi dalam mencapai tujuan pembelajaran dan kepada pihak sekolah agar dapat meningkatkan sarana pendukung pembelajaran geografi sehingga guru dalam memberikan penjelasan lebih bervariasi dan siswa pun tidak merasa jenuh untuk belajar
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media VCD |
| Subjects: | G Geography |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:49 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30817 |
