Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Pendekatan Terpadu bagi Siswa Kelas II SDN 01 Guguk Malintang Padang Panjang.

Deswarni, Deswarni (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Pendekatan Terpadu bagi Siswa Kelas II SDN 01 Guguk Malintang Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESWARNI_88241_2011.pdf] Text
final_B1_DESWARNI_88241_2011.pdf

Download (210kB)

Abstract

Menulis permulaan dapat dilakukan pada kelas rendah sekolah dasar.Menulis permulaan ditekankan pada tulisan tegak bersambung denganmenggunakan huruf kapital dan tanda baca. Selama ini, menulis tegakbersambung kurang disukai siswa karena siswa merasa berat melakukannya.Siswa lebih senang menulis dengan tulisan cetak. Oleh karena itu, peneliti inginmenggairahkan siswa belajar menulis dengan menggunakan pendekatan terpadu.Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum untuk mendeskripsikan:Peningkatan kemampuan menulis permulaan pada tahap pramenulis, saatmenulisdan pascamenulis melalui pendekatan terpadu bagi siswa kelas II SDN 01 GugukMalintang Padang Panjang.Subyek penelitian berjumlah 40 orang dan ditambah satu orang gurukelas III sebagai obsever. Data penelitian ini adalah: Hasil pengamatanpembelajaran menulis permulaan siswa, hasil catatan lapangan, lembar observasitentang kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis permulaan, lembarpenilaian menulis permulaan tahap prapenulisan, saatpenulisan, dan tahappascapenulisan siswa kelas II SDN 01 Guguk Malintang Padang Panjang. Sumberdata penelitian berupa rancangan dan pelaksanaan menulis permulaan pada tahappramenulis, saat menulis dan pascamenulis dengan penggunaan pendekatanterpadu. Instrumen pengumpulan data adalah pencatatan lapangan, observasi,wawancara, lembar kerja siswa dan hasil menulis siswa.Hasil penilaian menulis pada tahap pramenulis adalah sebagai berikut:Hasil penilaian pada tahap pramenulis yaitu Siklus I 66% dan siklus II naikmenjadi 83%. Penilaian pada tahap menulis siklus I adalah 66% dan pada siklusII naik menjadi 88%. Penilaian pada tahap pascamenulis siklus I adalah 76% danpada siklus II naik menjadi 98%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENULIS PERMULAAN, PENDEKATAN TERPADU
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:48
Last Modified: 01 Dec 2025 06:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30815

Actions (login required)

View Item
View Item