Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement division (STAD) pada Kelas VIII.5 SMP Islam As-shofa Pekanbaru

Akhirman, Akhirman (2010) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement division (STAD) pada Kelas VIII.5 SMP Islam As-shofa Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_AKHIRMAN_51951_3173_2012.pdf] Text
final_3_AKHIRMAN_51951_3173_2012.pdf

Download (144kB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar biologi di kelas VIII.5 SMP Islam As-shofa Pekanbaru belum memuaskan. Metode dan strategi yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, untuk itu dilakukan usaha peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD . Penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) ini bertujuan utuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010 pada Kelas VIII.5 SMP Islam As-shofa Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir siklus. Lembar observer digunakan untuk mengetahui keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep yang telah diberikan. Data aktivitas belajar siswa dianalisis dengan menggunakan persentase jumlah siswa yang terlibat pada tiap pertemuan. Peningkatan hasil belajar dari jumlah siswa yang tuntas dan nilai rata-rata tes hasil belajar yang diperoleh pada akhir siklus. Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa . Aktivitas belajar meningkat dari 52,22% menjadi 68,06% dengan peningkatan sebesar 15,84%. Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 70,37% menjadi 88,89% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 67,78 pada siklus I menjadi 76,85. pada siklus II. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi kelas VIII.5 SMP Islam As-shofa Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran koperatif tipe STAD, aktivitas belajar, hasil belajar Biologi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:48
Last Modified: 01 Dec 2025 06:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30813

Actions (login required)

View Item
View Item