Pratiwi, Yovia Rahma (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Kelas XI SMKN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YOVIA_RAHMA_PRATIWI_15061037_2174_2019.pdf
Download (598kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa Kelas XI DPIB SMKN 1 Pariaman masih rendah, hal ini terlihat dari rata-rata nilai ulangan harian Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung masih banyak di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMKN 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari Kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pre-test dan post-test) berupa soal unjuk kerja. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya memiliki nilai rata-rata 75 yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tanpa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan nilai rata-rata 66,43. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior, Model Tutor Sebaya. |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 05:15 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 05:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30804 |
