Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Group Cloze (GC) dan Teknik Group Sequencing (GS) Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang.

Arifka, Desti (2011) Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Group Cloze (GC) dan Teknik Group Sequencing (GS) Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESTI_ARIFKA_76933_1625_2011.pdf] Text
final_B1_DESTI_ARIFKA_76933_1625_2011.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, guru kurangmenggunakan teknik pembelajaran membaca yang bervariasi sehingga gurumengalami kesulitan membimbing siswa dalam pembelajaran membacapemahaman. Kedua, siswa kurang termotivasi untuk membaca karena teknikmembaca pemahaman yang bervariasi jarang dilatihkan di sekolah, sehinggasiswa cenderung beranggapan bahwa keterampilan membaca merupakan suatuketerampilan yang tidak perlu dilatihkan. Karena itulah diperlukan penelitian inidengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahamanmenggunakan teknik GC, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahamanmenggunakan teknik GS, dan mendeskripsikan perbandingan kemampuanmembaca pemahaman menggunakan teknik GC dan teknik GS siswa Kelas XSMA Adabiah Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Adabiah Padang tahun ajaran2010/2011 yang berjumlah 200 orang. Data penelitian adalah hasil teskemampuan membaca pemahaman dengan teknik GC dan GS, yang dianalisisdengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) memeriksa masing-masing jawabantes dengan materi yang berbeda untuk kedua teknik membaca pemahaman, (2)memberikan skor pada masing-masing tes, (3) mengubah skor menjadi nilai dalambentuk persentase, (4) mengklasifikasikan hasil skor tes membaca pemahamandengan menggunakan skala 10. (5) mendeskripsikan perbandingan kemampuanmembaca pemahaman menggunakan teknik GC dan teknik GS berdasarkan ratarata t-hitung, (6) membuat histogram hasil kemampuan membaca pemahamanmenggunakan teknik GC dan teknik GS, (7) menguji hipotesis, dan (8)menyimpulkan hasil deskripsi data.Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkanbahwa nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakanteknik GC 57% yang berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi “cukup”.Sebaliknya, nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman menggunakanteknik GS adalah 76% yang berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi“baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yangsignifikan antara kemampuan membaca pemahaman menggunakan teknik GC danteknik GS siswa kelas X SMA Adabiah Padang, karena t-hitung berada padabesaran 6,45, yakni > t-tabel 1,68. Dengan kata lain, hipotesis penelitian ini (H1)diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:14
Last Modified: 01 Dec 2025 05:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30802

Actions (login required)

View Item
View Item