Mardiat, Dessy (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Data. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESSY_MARDIATI_86464_4490_2011.pdf
Download (248kB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan menuliskarangan narasi ekspositoris siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 ParianganKabupaten Tanah Datar dengan teknik pemodelan.Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes.Tes digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangan narasiekspositoris, sedangkan nontes digunakan untuk mengumpulkan data penerapanteknik pemodelan dalam pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris.Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis sesuai dengan penerapankonsep penelitian tindakan kelas.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,penerapan teknik pemodelan dalam dua siklus (enam kali pertemuan tatap muka)dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan menulis karangan narasiekspositoris siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar.Kedua, proses keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelasVII.1 SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar dengan teknik pemodelanmeningkat dari tes awal, siklus I sampai pada siklus II. Hal ini terjadi karenatindakan-tindakan yang dilakukan setiap pertemuan selama proses pembelajaranberlangsung dengan matang dan terkonsep. Dengan adanya model sebagai contoh,siswa lebih mudah untuk mengungkapkan ide dan hasil tulisan menjadi lebih baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MENULIS, NARASI. |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 05:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 05:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30792 |
