Dearby, Arfan (2022) Penggunaan Gaya Bahasa dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ARFAN_DEARBY_16016089_3877.pdf [thumbnail of B1_01_ARFAN_DEARBY_16016089_3877.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ARFAN_DEARBY_16016089_3877.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam teks cerita pendek (cerpen)
karya siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang. Kedua, mendeskripsikan
gaya bahasa yang terdapat dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA
Negeri 3 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dikaji dengan
menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI
MIA 2 SMA Negeri 3 Padang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi
dokumentasi dan kepustakaan berupa teks-teks cerpen hasil tugas latihan menulis
siswa yang berjumlah 25 teks cerpen. Instrumen penelitian ini adalah peneliti
sendiri. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: (1)
peneliti membaca berulang-ulang teks cerpen, (2) data diidentifikasi dan
dikelompokkan berdasarkan gaya bahasa, (3) memaknai data, dan (4) membuat
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan hal-hal sebagai berikut. Pertama, secara
umum hampir seluruh siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang sudah
menggunakan gaya bahasa pada karya mereka. Gaya bahasa yang digunakan yaitu
gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan
gaya bahasa perulangan. Dari 25 teks cerpen yang dianalisis hampir seluruh teks
menggunakan satu atau lebih gaya bahasa dari empat jenis gaya bahasa yang ada,
namun tidak semua teks menerapkan keempat gaya bahasa sekaligus dalam satu
karya. Gaya bahasa yang paling banyak ditemukan dalam teks cerpen karya siswa
kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang adalah gaya bahasa personifikasi yang
merupakan jenis dari gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa hiperbola yang
merupakan jenis dari gaya bahasa pertentangan. Kedua, Fungsi gaya bahasa yang
terdapat pada tuturan tokoh pada teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA
Negeri 3 Padang mencakup fungsi mengonkretkan, menegaskan, menghaluskan,
memperindah, dan menyindir. Dan dari tuturan tokoh pada 25 teks cerpen yang
ada, gaya bahasa yang digunakan kebanyakan memiliki fungsi untuk menegaskan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian ini, teks cerpen karya siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Padang
sudah menerapkan gaya bahasa dengan cukup baik dengan fungsi gaya bahasa
yang sesuai dengan alur cerita yang dibuat walaupun tidak semua teks cerpen
menerapkan keempat jenis gaya bahasa yang ada sekaligus.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GAYA BAHASA |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3079 |