Pengaruh Penggunaan CD Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMPN 30 Padang

Kurniawan, Dodi (2010) Pengaruh Penggunaan CD Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMPN 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DODI_KURNIAWAN_79020_2011.pdf] Text
final_B1_DODI_KURNIAWAN_79020_2011.pdf

Download (244kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 30 PADANG, terlihat proses belajar mengajar masih kurang optimal. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya perhatian serta bimbingan dalam penyampaian materi ajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan CD pembelajaran interaktif dalam pelajaran TI&K pada siswa kelas VIII SMPN 30 PADANG. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan CD pembelajaran interaktif dengan pembelajaran bersifat klasikal. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 30 PADANG yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik yang digunakan untuk penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Setelah diperoleh data, kemudian dianalisis dengan menggunakan t-test yang dimana sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. Dari hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan CD pembelajaran Interaktif memiliki rata-rata nilai 72,78 lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat klasikal yaitu 61,93 dan dari perhitungan t tes diperoleh t hitung 5,19 sedangkan ttabel 2,00 dengan kata lain t lebih besar dari t tabel (5,19>2,00). Berarti hipotesis awal H 0 hitung Tidak terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan CD pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar TIK pada siswa kelas VIII SMPN 30 PADANG ditolak. Dan Hipotesis kedua H Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan CD pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar TIK pada siswa kelas VIII SMPN 30 PADANG diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas exsperimen yang menggunakan pembelajaran dengan CD pembelajaran interaktif dengan kelas kontrol yang menggunakan metode klasikal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:03
Last Modified: 01 Dec 2025 05:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item
View Item