Afdaleni, Afdaleni (2012) Pengembangan Modul Bilingual disertai Lembar Kegiatan Siswa dalam Bentuk Mind Map Berorientasi Konstruktivisme pada Materi Plantae Kelas X SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_AFDALENI_19746_6647_2012.pdf
Download (436kB)
Abstract
Biologi merupakan mata pelajaran yang banyak menuntut pemahaman konsep yang lebih bersifat student centered, oleh karena itu siswa dituntut untuk dapat mengkonstruksi pengetahuannya terhadap konsep biologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya adalah melalui modul disertai LKS dalam bentuk Mind Map berorientasi konstruktivisme. Siswa lebih mudah mengingat konsep dan bersifat long term memory, serta pembelajaran lebih bermakna dengan penggunaan modul serta LKS dalam bentuk Mind Map berorientasi konstruktivisme. Modul merupakan media yang berisi bahan-bahan pembelajaran mengenai pokok bahasan yang disusun secara sistematis, operasional dan terarah untuk digunakan oleh siswa yang telah disesuaikan dengan petunjuk penggunaan modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul bilingual disertai LKS dalam bentuk Mind Map berorientasi konstruktivisme pada materi Plantae yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur pengembangan menggunakan 4-D model (four-D-model) terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan modul disertai LKS. Pada tahap develop dilakukan validasi dan uji coba terbatas pada siswa SMAN 1 Bukittinggi kelas X3, untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas modul disertai LKS yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan. Data yang diperoleh untuk menentukan kevalidan modul disertai LKS pembelajaran berasal dari validator. Data yang diperlukan untuk menentukan praktikalitas diperoleh dari guru dan siswa dengan menggunakan angket. Data efektivitas diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul disertai LKS sudah valid, praktis dan efektif. Rata–rata validitas modul (3,4) dan rata-rata validitas LKS (3,48). Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru (3,45) dan oleh siswa (3,45) dan efektivitas modul serta LKS dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan modul bilingual disertai LKS dalam bentuk Mind Map berorientasi konstruktivisme pada materi Plantae kelas X SMA dinyatakan valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Konstruktivisme, Penelitian Pengembangan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:35 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30774 |
