Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Probing Prompting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidika Matematika STKIP YPM Bangko

Susanti, Ade (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Probing Prompting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidika Matematika STKIP YPM Bangko. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ADE_SUSANTI_1103869_15_2014.pdf] Text
final_3_ADE_SUSANTI_1103869_15_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang diselenggarakan untuk menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik terutama kemampuan matematis. Namun, kemampuan matematis mahasiswa di STKIP YPM Bangko masih rendah. Hal ini disebabkan antara lain karena pembelajaran masih bersifat konvensional dimana pembelajaran lebih didominasi oleh dosen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe NHTdengan probing prompting. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematismahasiswa STKIP YPM Bangko. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Group Control Only Design. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP YPM Bangko. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah teori peluang, sedangkan kelas sampel diambil secara acak yaitu mahasiswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa kelas B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data menggunakan uji t dan anava dua arah untuk interaksi. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwakemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa terutama yang berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing prompting lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, sedangkan untuk mahasiswa berkemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing prompting tidak lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhikemampuan pemecahan masalah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Matematis, Probing Prompting, Randomized Group Control Only Design
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:31
Last Modified: 01 Dec 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30769

Actions (login required)

View Item
View Item