The Effect of Using Tourism Brochure as an Authentic Material on First Grade Students' Ability in Writing a Descriptive Text at SMAN 7 Padang

Rosemerry, Adriani Triharry (2014) The Effect of Using Tourism Brochure as an Authentic Material on First Grade Students' Ability in Writing a Descriptive Text at SMAN 7 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ADRIANI_TRIHARRY_ROSEMERRY_18247_5968_2014.pdf] Text
final_3_ADRIANI_TRIHARRY_ROSEMERRY_18247_5968_2014.pdf

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan Tourism Brochure sebagai materi otentik memberikan pengaruh lebih baik pada kemampuan menulis teks deskriptif siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest-only. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Padang tahun pelajaran 2013/2014. Dua kelas yang diasumsikan memiliki kemampuan sama pada tes homogenitas kemudian dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Pada saat pembelajaran menulis deskriptif teks, siswa pada kelas eksperimen diberikan tourism brochure, sedangkan kelas control diberikan materi umum dalam LKS maupun gambar seperti yang biasa diajarkan oleh guru mereka. Di akhir penelitian, siswa diberikan post-test berupa essay deskriptif yang hasilnya digunakan sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan rumus t-test, ditemukan bahwa nilai t-hitung adalah 4.05 yang mana lebih besar dari t-tabel (1.1672) dengan tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ―penggunaan tourism brochure sebagai materi otentik memberikan dampak yang lebih baik pada kemampuan menulis deskriptif text pada siswa kelas 1 SMAN 7 Padang‖ diterima.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Tourism Brochure, Penelitian Eksperimen, Teks Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:20
Last Modified: 01 Dec 2025 03:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30759

Actions (login required)

View Item
View Item