Khairani, Syadrin (2013) Analisis Deskriptif Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SYADRIN_KHAIRANI_96419_5109_2013.pdf
Download (432kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa
dalam menerapkan EYD, penerapan unsur EYD yang belum dikuasai siswa,
tingkat kemampuan siswa dalam menerapkan kata tugas, dan penerapan kata
tugas yang belum dikuasai siswa dalam karangan argumentasi siswa kelas X
SMAN 8 Padang. Penerapan EYD dibatasi pada penulisan huruf kapital, bentuk
ulang, kata depan, partikel, tanda titik, dan tanda koma. Penerapan kata tugas
dibatasi pada penerapan preposisi dan penerapan konjungtor.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Tes digunakan untuk
mengumpulkan data ejaan dan kata tugas yang ditulis siswa kelas X SMAN 8
Padang dalam karangan argumentasi. Penganalisisan data dilakukan secara
deskriptif dengan penerapan konsep penelitian kuantitatif. Tahap penganalisisan
data tersebut adalah peneliti memberikan skor pada penerapan EYD dan kata
tugas, skor dirubah menjadi nilai, mengklasifikasikan tingkat penguasaan siswa,
membuat grafik tingkat penguasaan siswa, mendeskripsikan tingkat kemampuan
siswa, mengidentifikasi penerapan unsur EYD dan kata tugas yang belum
dikuasai siswa, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,
kemampuan siswa kelas X SMAN 8 Padang menerapkan EYD dalam menulis
karangan argumentasi berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 78,33.
Penerapan unsur EYD yang belum dikuasai siswa tersebut adalah penerapan huruf
kapital dan penerapan tanda koma. Hal itu terlihat dari tingkat kemampuan siswa
kelas X SMAN 8 Padang dalam menerapkan huruf kapital tergolong cukup (C)
dengan rata-rata 59,33 dan tingkat kemampuan siswa kelas X SMAN 8 Padang
dalam menerapkan tanda koma tergolong lebih dari cukup (LC) dengan rata-rata
66,67. Kedua, kemampuan siswa kelas X SMAN 8 Padang menerapkan kata tugas
dalam menulis karangan argumentasi berada pada kualifikasi baik (B) dengan
rata-rata 85,33. Penerapan kata tugas yang cenderung tidak tepat dalam karangan
argumentasi siswa adalah penerapan kata dan di awal kalimat dan kata dan yang
tidak digunakan pada perincian.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:12 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30755 |
