Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Quantum Teaching pada Materi Fluida Statik dan Dinamik

Adismayeti, Adismayeti (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Quantum Teaching pada Materi Fluida Statik dan Dinamik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ADISMAYETI_19861_6740_2012.pdf] Text
final_3_ADISMAYETI_19861_6740_2012.pdf

Download (220kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 menghendaki proses pembelajaran dapat berlangsung dengan aktif dan dapat mengembangkan kemampuan peserta didik. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membutuhkan rancangan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melatih keterampilan, kemampuan berfikir, berkomunikasi menggunakan penataan lingkungan yang dinamis dan menyenangkan. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah model Quantum Teaching. Model Quantum Teaching memiliki ruang gerak yang dinamis bagi guru untuk untuk merancang pembelajaran menggunakan berbagai interaksi penataan isi dan konteks pembelajaran, Untuk itu dibutuhkan perangkat pembelajaran, Namun perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis Quantum Teaching yang valid, praktis dan efektif pada materi Fluida Statik dan Dinamik belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis Quantum Teaching pada materi Fluida Statik dan Dinamik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model 4–D. Tahapan penelitian adalah pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessimination). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi RPP, validasi Hand Out siswa, validasi LKPD, respon guru, peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP dan hasil pembelajaran peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai rata-rata dan persentase validitas, praktikalitas dan efektivitas perangkat pembelajaran. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis Quantum teaching pada materi Fluida Statik dan Dinamik yang terdiri dari RPP, Hand Out dan LKPD, dihasilkan perangkat yang sangat valid. Hasil Analisis angket respon guru dan peserta didik terhadap perangkat, diperoleh perangkat yang sangat praktis, dari hasil analisis obesrvasi keterlaksanaan RPP dalam pembelajaran dihasilkan perangkat yang sangat praktis serta hasil analisis hasil pembelajaran peserta didik dihasilkan perangkat yang efektif. Secara keseluruhan pengembangan ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis Quantum Teaching pada materi Fluida Statik dan Dinamik yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Fluida Statik dan Dinamik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:20
Last Modified: 01 Dec 2025 03:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30754

Actions (login required)

View Item
View Item