Nurhidayat, Rahmad (2015) Pengembangan Alur Belajar Topik Logaritma Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RAHMAD_NURHIDAYAT_00309_5703_2015.pdf
Download (843kB)
Abstract
Logaritma merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa SMA. Kondisi ini juga ditemui di kelas X SMA Adabiah 2 Padang. Salah satu penyebabnya adalah karena proses pembelajaran logaritma pada umumnya dilakukan dengan cara memberikan rumus dan prosedur, diikuti dengan pemberian contoh-contoh dan latihan. Siswa kurang dilibatkan dalam mengonstruksi ide, sehingga mereka tidak terlatih untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alur belajar (learning trajectory) topic logaritma berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah design research (penelitian desain), yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Pada tahap preparing for experiment, dirancang alur belajar logaritma berdasarkan hasil kajian literatur. Alur belajar yang telah dirancang divalidasi oleh pakar pendidikan matematika dan kemudian diujicobakan kepada 25 siswa X.2 SMA Adabiah 2 Padang sebagai kelas pilot eksperimen dan 25 siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dari rekaman video, hasil lembar kerja siswa, post-test, serta wawancara dengan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan alur belajar topic logaritma yang terdiri dari membedakan pertumbuhan linear dan non-linear pada konteks penggemukan sapi, mengeksplorasi pertumbuhan eksponensial pada konteks berat sapi, dan menemukan kembali konsep dan sifat-sifat logaritma melalui konteks pertumbuhan enceng gondok. Alur belajar yang telah dirancang dinyatakan valid oleh pakar pendidikan matematika dan hasil teaching experiment menunjukkan bahwa alur belajar yang dirancang dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang dihipotesiskan, serta dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa berkembang secara fluktuatif terutama dalam menganalisis. Kemampuan mengidentifikasi cenderung menurun, sedangkan kemampuan menghubungkan mengalami peningkatan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ALUR BELAJAR TOPIK LOGARITMA, PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 01:52 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 01:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30744 |
