Wilandari, Rahma (2014) Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RAHMA_WILANDARI_54437_2759_2014.pdf
Download (592kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) keterampilan menulis cerpen dan (2) penerapan teknik mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 padang yang terdaftar 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan teknik mind mapping dan sebelum menggunakan teknik mind mapping. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang dan skor tes keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan teknik mind mapping dan sebelum menggunakan teknik mind mapping dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu menulis cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi cukup (62,64). Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi baik (80,14). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (4,61 > 1,67). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping (rata-rata 80,14) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik mind mapping (rata-rata 62,64).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | TEKNIK MIND MAPPING, KETERAMPILAN MENULIS CERPEN |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 01:52 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 01:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30741 |
