Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Resmi melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting

Fitri, Rahayu (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Resmi melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHAYU_ FITRI_01535_1337_2012.pdf] Text
final_B1_1_RAHAYU_ FITRI_01535_1337_2012.pdf

Download (489kB)

Abstract

Kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis surat resmi tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai surat resmi, kurang berlatihnya siswa menulis surat resmi dan teknik mengajar yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar melalui teknik pemodelan. Penerapan teknik pemodelan diharapkan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan gairah siswa dalam menulis surat resmi dengan baik dan benar karena teknik pemodelan lebih mengutamakan proses yang bermakna daripada hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting yang berjumlah 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan (penelitian tindakan kelas) yang meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian diperoleh dengan dua cara, yaitu nontes yang terdiri dari pengamatan (observasi), wawancara, dan catatan lapangan, serta tes menulis surat resmi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) melakukan observasi awal terhadap kemampuan menulis surat resmi siswa, (2) melakukan wawancara dengan siswa dan guru tentang proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan (3) melaksanakan tes. Selanjutnya data diolah dengan mengklasifikasikan data kualitatif dan kuantitatif dan memberikan skor terhadap hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting dalam menulis surat resmi. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata tes menulis surat resmi siswa 46,4 dengan kualifikasi hampir cukup. Pada siklus I nilai rata-rata tes siswa meningkat menjadi 69,4 dengan kualifikasi lebih dari cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata tes siswa juga mengalami peningkatan menjadi 81,7 dengan kualifikasi baik. Selain meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat resmi, teknik pemodelan ini juga dapat meningkatkan sikap dan perilaku positif siswa dalam PBM. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan menulis surat resmi melalui teknik pemodelan siswa kelas VIII.D SMP Negeri 1 Padang Ganting dapat disimpulkan bahwa melalui teknik pemodelan dalam pembelajaran menulis surat resmi dapat meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENULIS SURAT RESMI, TEKNIK PEMODELAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:39
Last Modified: 27 Nov 2025 06:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item
View Item