Yuniarti, Rizki (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Ekspsosisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RIZKI_YUNIARTI_1205201_3171_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain the one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 236 siswa dan sampel 32 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purvosive sampling. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,05. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 88,37. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% karena ttabel<thitung (1,67<7,13). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pdanag. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 01:11 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 01:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30707 |
