Persepsi Mahasiswa Program Studi PKK Konsentrasi Tata Boga Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Guru Pamong dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)

Hedi, Nidia (2014) Persepsi Mahasiswa Program Studi PKK Konsentrasi Tata Boga Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Guru Pamong dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_NIDIA_HEDI_13879_3007_2014.pdf] Text
final_B1_11_NIDIA_HEDI_13879_3007_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang tidak terlaksananya
tugas dan tanggung jawab guru pamong dalam pelaksanaan Program Pengalaman
Lapangan Kependidikan (PPLK), diantaranya: mahasiswa PPLK diminta
membuat perangkat mengajar oleh guru pamong untuk tahun ajaran baru, guru
pamong kurang mendampingi dan memberi bimbingan dalam kegiatan Latihan
Mengajar Terbimbing, mahasiswa PPLK diminta untuk mengisi buku nilai
sendiri, tidak mengkonfirmasikan kepada dosen pembimbing untuk melaksanakan
ujian pembelajaran bagi mahasiswa PPLK, dan tidak menyerahkan secara
langsung buku evaluasi mahasiswa PPLK kepada dosen pembimbing. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa program studi PKK
konsentrasi Tata Boga tentang tugas dan tanggung jawab guru pamong dalam
pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) yang ditinjau
dari: kegiatan observasi, Latihan Mengajar Terbimbing (LMT), Latihan Mengajar
Mandiri (LMM), Ujian Pembelajaran (UP), dan kegiatan non teaching.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi penelitian ini
adalah Mahasiswa Program Studi PKK Konsentrasi Tata Boga Fakultas Teknik
Universitas Negeri Padang yang telah melaksanakan Program Pengalaman
Lapangan Kependidikan (PPLK) . Populasi dari penelitian ini berjumlah 94 orang.
Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Jumlah sampel dalam
penelitian ini berjumlah 94 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah
teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis
deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan
persentase penilaian.
Rata-rata Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang
tugas dan tanggung jawab guru pamong dalam pelaksanaan Program Pengalaman
Lapangan Kependidikan (PPLK) yang ditinjau dari : 1) Kegiatan observasi adalah
29,61, ini berada pada kategori baik. 2) Latihan Mengajar Terbimbing (LMT)
adalah 26,70, ini berada pada kategori baik. 3) Latihan Mengajar Mandiri (LMM)
adalah 20,88, ini berada pada kategori baik. 4) Ujian Pembelajaran (UP) adalah
19,645, ini berada pada kategori sedang. 5) Kegiatan non teaching adalah 19,98,
ini berada pada kategori sedang. Namun hasil klasifikasi data persepsi mahasiswa
program studi PKK konsentrasi Tata Boga jurusan Kesejahteraan Keluarga FT
UNP tentang tugas dan tanggung jawab guru pamong dalam pelaksanaan Program
Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) sebesar 116,62 ini dikategorikan
bahwa, persepsi mahasiswa program studi PKK konsentrasi Tata Boga jurusan
Kesejahteraan Keluarga FT UNP tentang tugas dan tanggung jawab guru pamong
dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah
sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tugas dan Tanggung Jawab
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 26 Nov 2025 05:12
Last Modified: 26 Nov 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item
View Item