Rumita, Desra Elisa (2011) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESRA_ELISA_RUMITA_68118_508_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemajun Teknologi Informasi khususnya internet dapat membantu siswa dalamproses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya dilakukan cara memperoleh dan mengolahmateri sosiologi yang bersifat kontekstual dan memiliki daya tarik sebagai sumber belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9Padang memperoleh dan mengolah materi pelajaran sosiologi dari internet.Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan dataadalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknikpurposive sampling bertujuan untuk mengumpulkan data. Informan adalah guru sosiologikelas XI IPS dan siswa kelas XI IPS 3. Data diolah menggunakan teknik analisismenggunakan teori sibernetik (cyber learning/ e-learning), pembelajaran menggunakanteknologi komunikasi, yang dapat digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Temuan penelitian ini adalah cara siswa memperoleh materi sosiologi menggunakansitus www.google.com atau www.yahoo.com, kemudian mengetik kata kunci tentangstratifikasi sosial, hasil yang diperoleh adalah pengertian stratifikasi sosial, proses terjadinyapelapisan sosial, dasar-dasar stratifikasi sosial, sifat-sifat stratifikasi sosial sedangkan materitentang konflik sosial hasil yang diperoleh adalah pengertian konflik sosial, faktor penyebabkonflik sosial, bentuk-bentuk konflik sosial dan pola penyelesaian konflik sosial. Hasil yangdiperoleh siswa kemudian diolah dengan cara melihat petunjuk soal yang diberikan guru danada sebagian siswa yang langsung mengkopi-paste materi dari internet kemudian tugas-tugasyang diperoleh siswa dievaluasi dengan cara melakukan diskusi pada jadwal yang telahditentukan. Internet memberikan kemudahan kepada siswa dalam menyelesaikan tugas danmemperoleh informasi secara cepat dan up-to-date, hal tersebut merupakan daya tarik bagisiswa sehingga menjadikan internet sebagai sumber belajar. Informasi yang diperoleh dariinternet membantu siswa untuk dapat belajar tanpa ada guru yang membimbing danmembantu siswa menghubungkan materi pelajaran sosiologi dengan informasi yangdiperoleh dari internet sehingga siswa dapat mengkontruksi pengetahuannya. Berdasarkan haltersebut maka dalam proses pembelajaran siswa dapat berperan aktif sedangkan guru hanyasebagai fasilitator dan evaluator.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa munculnya internet dapatmembantu siswa dalam proses pembelajaran yaitu dijadikan sebagai sumber belajar, namunpemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 9 Padang belumterlaksana dengan maksimal. Diharapkan kepada guru agar dapat memotivasi danmembimbing siswa agar dapat memanfaatkan internet dengan baik dan maksimal.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | INTERNET, SUMBER BELAJAR |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 03:07 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 03:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30678 |
