Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam

Suryani, Nurul and Gani, Erizal and Gani, Erizal and Gani, Erizal (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_NURUL_SURYANI_54453_2662_2014.pdf] Text
final_B1_1_NURUL_SURYANI_54453_2662_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan eksposisi, model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan
pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC) terhadap hasil belajar menulis karangan eksposisi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Data
penelitian ini adalah skor hasil tes menulis karangan eksposisi dengan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa
Kelas VIII SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Data dianalisis
dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian
ini adalah tes unjuk kerja yaitu tes menulis karangan eksposisi dengan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama,
keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam berada pada kualifikasi
Hampir Cukup (HC). Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi sesudah
menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten
Agam berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, Berdasarkan hasil uji-t
disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima pada taraf signifikansi 95% dan
dk =n1 + n2 – 2, karena thitung > ttabel (5,36 > 1,68). Dari hasil uji hipotesis terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis karangan ekspsosisi
dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC) siswa kelas X VIII SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:03
Last Modified: 26 Nov 2025 03:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30671

Actions (login required)

View Item
View Item