Qamilah, Nurul (2012) Wilayah Cakupan Pelayanan Pembeli di Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_NURUL_QAMILAH_02278_5548_2012.pdf
Download (320kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran wilayah cakupan
pelayanan pengunjung Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota
Padang dan seberapa besar pengaruh dari faktor-faktor penarik seperti:
aksesibilitas, dan jarak, kualitas, harga, kelengkapan serta jenis barang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan memadukan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang bermaksud membuat secara sistematis,
faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu,
sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam pengambilan sampel adalah dengan
teknik accsidental. Alat pengumpul data menggunakan kuisoner dan observasi
untuk memperoleh data pada daerah penelitian. Teknik analisis data yang
dilakukan adalah teknik persentase untuk melihat seberapa besar faktor penarik
pembeli datang berbelanja dan teknik buffering untuk melihat wilayah cakupan
pelayanan pembeli di Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota
Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wilayah cakupan pelayanan
pengunjung khususnya pembeli di Pasar Bandar Buat tersebar pada sebelas
kelurahan, dengan tujuh kelurahan yang terdapat Kecamatan Lubuk Kilangan,
yaitu Kelurahan Tarantang, Kelurahan Beringin, Kelurahan Indarung, Kelurahan
Padang Besi, Kelurahan Koto Lalang, Kelurahan Bandar Buat, Kelurahan Batu
Gadang dan empat kelurahan lainnya dari dua kecamatan berbeda yaitu Kelurahan
Piai Tangah, Kelurahan Limau Manis, Kelurahan Binuang Kampung Dalam yang
terdapat di Kecamatan Pauh, dan Kelurahan Kuranji di Kecamatan Kuranji,. (2)
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembeli untuk datang berbelanja ke Pasar
Bandar Buat adalah Aksesibilitas dengan persentase sebesar 17%, Jenis Barang
dengan persentase sebesar 18%, Kualitas Barang dengan persentase sebesar 23%,
Kelengkapan Barang dengan persentase sebesar 22%, dan Harga Barang dengan
persentase sebesar 20%, faktor penarik yang menjadi pilihan utama pengunjung
yaitu faktor kualitas barang dengan persentase sebesar 23%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 03:04 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 03:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30665 |
