Syamina, Syamina (2020) Perbandingan Kompetensi Siswa Menggunakan Buku Edupark Fisika Mifan Water Park Padang Panjang dengan Buku Ajar di Sekolah Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SYAMINA_16033043_879_2020.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran fisika pada kurikulum 2013 memuat tiga aspek kompetensi,
yakni kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Keterampilan tersebut
harus diwujudkan secara optimal pada bangku pendidikan untuk mempersiapkan
generasi muda di masa mendatang. Namun pada kenyataannya standar
kompetensi lulusan siswa untuk ketiga aspek kompetensi tersebut masih rendah.
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya standar kompetensi
lulusan siswa, salah satunya yaitu sumber belajar berupa buku ajar yang tersedia
belum optimal. Salah satu solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan buku
edupark fisika. Buku ini merupakan salah satu keterbaruan produk dalam upaya
peningkatan kompetensi siswa karena memuat materi yang dekat dengan
kehidupan siswa, yaitu wahana permainan MiFan Water Park Padang Panjang
yang dilengkapi dengan lab edupark serta memuat nilai karakter di dalamnya.
Dengan adanya buku ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi siswa secara
menyeluruh, yaitu meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pencapaian kompetensi siswa
antara yang menerapkan buku edupark fisika dengan yang menerapkan buku ajar
di sekolah.
Penelitian ini dilakukan pada Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang Tahun
Ajaran 2019/2020 semester ganjil pada materi fluida. Sampel pada penelitian
adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 5 sebagai
kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 menerapkan buku edupark fisika,
sedangkan kelas eskperimen 2 menerapkan buku ajar di sekolah. Instrumen
penelitian berupa lembar soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar
observasi sikap untuk kompetensi sikap, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk
kompetensi keterampilan. Pada taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai thitung pada
kompetensi pengetahuan sebesar 3,7394 , kompetensi sikap sebesar 1,998 dan
kompetensi keterampilan sebesar 4,947 . Kriteria penerimaan Ho jika –t(1-1/2 )
< t(1-1/2 )
< t
. Berdasarkan nilai thitung yang telah didapat diketahui bahwa nilai thitung
berada pada daerah penolakan Ho atau Hi diterima. Artinya dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang berarti terhadap pencapaian kompetensi fisika
siswa dari aspek kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan antara
penerapan buku Edupark Fisika MiFan Water Park Padang Panjang dengan buku
ajar yang digunakan di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 03:06 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 03:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30659 |
