Hubungan Disiplin dalam Pembelajaran Praktik dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengolah Makanan Indonesia 1 di SMK Negeri 3 Kota Solok

Rahmawati, Nela (2015) Hubungan Disiplin dalam Pembelajaran Praktik dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengolah Makanan Indonesia 1 di SMK Negeri 3 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_NELA_RAHMAWATI_1207549_1312_2015.pdf] Text
final_B1_11_NELA_RAHMAWATI_1207549_1312_2015.pdf

Download (496kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan wawancara informal dengan guru SMK
Negeri 3 Solok pada semester Juli-Desember 2014, terlihat bahwa siswa Jurusan
Tata Boga kurang disiplin, hal ini dapat dilihat dalam proses belajar Mengolah
Makanan Indonesia 1, terutama pada saat praktek banyak dijumpai siswa yang
keluar masuk untuk melengkapi bahan dan alat praktik. Penelitian ini bertujuan
untuk 1) Mendeskripsikan tingkat disiplin belajar Mengolah Makanan Indonesia 1
siswa Tata Boga di SMK Negeri 3 solok, 2) Mendeskripsikan hasil belajar
Mengolah Makanan Indonesia 1 siswa Tata Boga di SMK Negeri 3 Solok. 3)
mengungkapkan hubungan disiplin dalam pembelajaran praktik dengan hasil
belajar Mengolah Makanan Indonesia 1 siswa Jurusan Tata Boga di SMK Negeri
3 Solok.
Jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas XI Tata
Boga di SMK Negeri 3 Solok yaitu sebanyak 30 orang responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Sampel Jenuh,
yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembaran observasi. Pengambilan data dilakukan dengan
mengamati dan mencatat aktifitas siswa selama praktik berlangsung pada
lembaran observasi, sedangkan data hasil belajar didapat dari nilai hasil praktik
pada setiap pertemuan pada mata pelajaran Mengolah Makanan Indonesia 1.
Teknik analisis data yaitu dengan rumus korelasi Product Moment yang diolah
dengan menggunakan komputer yaitu dengan program SPSS 18 (Statistical
Package for Science Solutions).
Berdasarkan hasil analisis data dan deskripsi data maka diperoleh hasil
penelitian 1) Disiplin pada pembelajaran praktik berkategori baik yaitu 51%-75%
sebanyak 30 responden, 2) Hasil belajar Mengolah Makanan Indonesia 1 berada
pada kategori tuntas dengan frekwensi terbanyak pada nilai 71-80 yaitu 80% (24
responden), 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin dalam
pembelajaran praktik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengolah
Makanan Indonesia 1 dengan nilai t hitung > nilai t tabel yaitu sebesar (3,721 >
2,048) dan 4) sumbangan yang diberikan variabel X terhadap variabel Y yaitu
sebesar 33,1% sedangkan 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:19
Last Modified: 25 Nov 2025 01:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30628

Actions (login required)

View Item
View Item