Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015

Muliana, Syarifah (2015) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SYARIFAH_MULIANA_1106220_3519_2015.pdf] Text
final_B1_1_SYARIFAH_MULIANA_1106220_3519_2015.pdf

Download (508kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika memiliki peranan penting dalam mencapai
tujuan pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya pemahaman konsep
matematika siswa SMA Adabiah 2 Padang belum berkembang secara optimal. Hal
ini terlihat dari hasil belajar siswa. Di samping itu, siswa juga kurang terlibat secara
aktif dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk
mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model discovery learning.
Setiap tahap dari model discovery learning akan menuntun siswa secara optimal
dalam memahami konsep dan memperoleh pengetahuan, sehingga siswa dapat
memahami konsep dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA SMA Adabiah 2
Padang yang pembelajarannya menerapkan model discovery learning lebih baik
daripada pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan
pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group
Design. Populasi adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang
Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 150 orang. Penarikan sampel
dilakukan dengan teknik random sampling, kelas XI IPA 3 terpilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematika
siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,026 dengan .
Karena P-value < , maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model discovery
learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:21
Last Modified: 25 Nov 2025 01:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item
View Item