Alih Kode Tuturan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Lismen, Desna (2011) Alih Kode Tuturan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESNA_LISMEN_72557_1605_2011.pdf] Text
final_B1_DESNA_LISMEN_72557_1605_2011.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis, fungsi, danpenyebab alih kode tuturan guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia diSMP Negeri 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objekpenelitian ini adalah tuturan guru yang mengandung alih kode dalam prosesbelajar mengajar. Informan dalam penelitian ini adalah seorang guru bahasaIndonesia yang mengajar di kelas IX 3.Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui perekamansebanyak dua kali pertemuan. Hasil rekaman ditranskripsikan dan kalimat yangdigunakan guru yang mengandung peralihan kode dijadikan sebagai data. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah teknik menurut Sudaryanto, yaitu tenikrekam dan teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah: (1)mengidentifikasikan data yang mengandung alih kode dalam tuturan bahasa guru;(2) mengelompokkan jenis, fungsi, dan penyebab alih kode yang ditemukanberdasarkan teori yang digunakan; (3) menginterpretasikan fungsi dan penyebabguru melakukan alih kode berdasarkan hasil wawancara setelah prosespengambilan data; (4) pembahasan.Berdasarkan análisis data, temuan hasil penelitian ini disimpulkan sebagaiberikut: (1) jenis alih kode yang sering muncul adalah alih kode intern, yaituperalihan penggunaan bahasa dari bahasa Minang ke bahasa Indonesia; (2) fungsialih kode yang sering muncul adalah alih kode untuk memudahkan suatu urusanatau persoalan, (3) penyebab alih kode yang sering muncul adalah perubahansituasi dari formal ke informal atau sebaliknya.Relevan dari hasil penelitian ini, hendaknya dalam proses pembelajaranguru dapat menggunakan bahasa yang komunikatif, dalam artian mampu beralihkode dengan baik. Hal ini karena ketuntasan belajar bahasa Indonesia siswa bukanhanya terletak pada tercapai atau tidaknya teori yang diberikan. Akan tetapi, jugapada berhasil atau tidaknya siswa berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalamperistiwa komunikasinya sehingga proses pembelajaran dapat berjalansebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ALIH KODE TUTURAN GURU, PEMBELAJARA BAHASA INDONESIA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:21
Last Modified: 25 Nov 2025 01:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30621

Actions (login required)

View Item
View Item