Wati, Syelli Kurnia (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Menggunakan Media Cerpen Siswa Kelas IX. 6 SMP Negeri 3 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SYELLI_KURNIA_WATI_01517_1424_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan proses peningkatan
kemampuan menulis drama satu babak dengan menggunakan media cerpen siswa
kelas IX. 6 SMP Negeri 3 Batang Anai, Kabupate n Padang Pariaman dari segi
penokohan, rangkaian peristiwa, setting, dan keefektifan bahasa; (2)
mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis naskah drama satu babak
dengan menggunakan media cerpen dari segi penokohan, rangkaian peristiwa,
setting, dan keefektifan bahasa siswa kelas IX. 6 SMP Negeri 3 Batang Anai,
Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian dengan metode
deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan dua alat utama, yaitu tes dan nontes.
Tes digunakan untuk mengumpulkan data penerapan media cerpen dalam
pembelajaran menulis naskah drama. Penganalisisan data dilakukan secara
deskriptif sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas. Proses
penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat unsur
yaitu perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,
menggunakan media cerpen dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
menggambarkan karakter tokoh dari kualifikasi lebih dari cukup menjadi baik
sekali. Kedua, menggunakan media cerpen dapat meningkatkan siswa dalam
menggambarkan rangkaian peristiwa dari kualifikasi lebih dari cukup menjadi
baik. Ketiga, menggunakan media cerpen dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam menggambarkan setting dari kualifikasi lebih dari cukup menjadi baik
sekali. Keempat, keefektifan penggunaan bahasa siswa sudah tergolong cukup.
Kemampuan menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media
cerpen pada seluruh aspek secara umum sudah dikatakan baik. Hal ini terbukti
dari rata-rata hasil tes pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu dari 66,28% menjadi
79,54% di siklus 2 meningkat 13,26%. Berdasarkan analisis data nilai
kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas IX. 6 SMP Negeri 3
Batang Anai, Kabupaten Padang pariaman dengan menggunakan media cerpen
terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sudah mencapai KKM 70% mata
pelajaran bahasa Indonesia di kelas IX. 6 SMP N 3 Batang Anai, Kabupaten
Padang Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 07:40 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 07:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30615 |
