Andani, Sylvi Tri (2023) Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SYLVI_TRI_ANDANI_19016056_2646_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penguasaan kosakata bidang
lingkungan siswa yang berbeda-beda dan masih jauh dari kata ideal. Hal tersebut
mengakibatkan adanya kesalahan-kesalahan seperti penggunaan kata yang tidak tepat
dalam menulis.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Kubung. Ketiga, menganalisis kontribusi penguasaan kosakata bidang
lingkungan terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Kubung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan
menggunakan desain korelasional. Kontribusi dihitung menggunakan rumus
koefisien determinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 6 Kubung tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 22 orang siswa yang
tersebar dalam satu kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang siswa
dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan
kosakata bidang lingkungan sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis
teks berita sebagai variabel terikat (Y). Pengumpulan data dilakukan melalui tes
objektif penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes keterampilan menulis teks
berita.
Berdasarkan perolehan dan pengolahan data-data penelitian, didapatkan hasil
sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII
SMP Negeri 6 Kubung berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentang 66-75
dalam skala 10 dengan nilai 74,03. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada
rentang 66-75 dalam skala 10 dengan nilai 75,38. Ketiga, penguasaan kosakata
bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kubung berkontribusi sebesar
16,48% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Kubung.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa untuk memiliki
keterampilan dalam menulis teks berita membutuhkan penguasaan kosakata yang
memadai, khususnya bidang lingkungan. Penguasaan kosakata yang memadai
tersebut menjadi modal dasar bagi siswa agar mampu dalam mengungkapkan ide
atau gagasannya dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 07:41 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 07:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30614 |
