Putri, Rahminda (2016) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_RAHMINDA_PUTRI_4038_1201913_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Lintau Buo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan hasil
belajar dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament
(TGT) dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
(STAD) pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio
Video semester genap SMK Negeri 1 Lintau Buo Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel
dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai
kelas eksperimen 1 adalah X T AV (A) menggunakan model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) dan kelas eksperimen 2 adalah X T AV (B)
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
(STAD).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai ratarata 88.00, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata 84,98.
Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan -ttabel ≤
thitung ≤ + ttabel (-2,179 ≤ 1,098 ≤ 2,179), karena - ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel, maka
hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis alternatif (H1) ditolak. Dapat
disimpulkan bahwa komparasi penerapan model pembelajaran TGT (Teams
Games Tournament) dan STAD (Student Teams Achievement Division) tidak
berpengaruh secara signifikansi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Teknik Elektronika Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Lintau Buo.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 07:44 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 07:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30604 |
