Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Lintau Buo

Putri, Rahminda (2016) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RAHMINDA_PUTRI_4038_1201913_2016.pdf] Text
B1_05_RAHMINDA_PUTRI_4038_1201913_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Lintau Buo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan hasil
belajar dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament
(TGT) dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
(STAD) pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio
Video semester genap SMK Negeri 1 Lintau Buo Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel
dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai
kelas eksperimen 1 adalah X T AV (A) menggunakan model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) dan kelas eksperimen 2 adalah X T AV (B)
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
(STAD).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai ratarata 88.00, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata 84,98.
Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan -ttabel ≤
thitung ≤ + ttabel (-2,179 ≤ 1,098 ≤ 2,179), karena - ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel, maka
hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis alternatif (H1) ditolak. Dapat
disimpulkan bahwa komparasi penerapan model pembelajaran TGT (Teams
Games Tournament) dan STAD (Student Teams Achievement Division) tidak
berpengaruh secara signifikansi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Teknik Elektronika Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Lintau Buo.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 07:44
Last Modified: 24 Nov 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30604

Actions (login required)

View Item
View Item