Kontribusi Gaya Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang

Rahmad, Syukri (2021) Kontribusi Gaya Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SYUKRI_RAHMAD_16061093_1213_2021.pdf] Text
final_B1_1_SYUKRI_RAHMAD_16061093_1213_2021.pdf

Download (830kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang memiliki nilai di
bawah KKM karena gaya mengajar guru yang kurang menarik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap Kontribusi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil
Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang.
Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK
Negeri 1 Padang yang telah selesai belajar Mekanika Teknik, berjumlah 60 orang.
Data penelitian dikumpulkan melalui angket dalam skala Likert yang disebarkan
kepada responden.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang
positif dan signifikan dari Gaya Mengajar Guru terhadap minat Hasil Belajar
Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Dengan nilai R-square
sebesar 0,380, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara Variabel X (gaya
mengajar guru) dengan Variabel Y (hasil belajar). Dari hasil perhitungan koefisien
determinas dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berkontribusi sebesar
14,44% terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X SMK Negeri 1
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:23
Last Modified: 24 Nov 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30587

Actions (login required)

View Item
View Item