Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Kemampuan Membaca Apresiatif Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang

Yolanda, Ditta (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Kemampuan Membaca Apresiatif Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DITTA_YOLANDA_14610_1592_2014.pdf] Text
final_B1_DITTA_YOLANDA_14610_1592_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk. Pertama, mendeskripsikan kemampuan
membaca apresiat if teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang tanpa
menggunakan model pembalajaran kooperatif jigsaw. Kedua, mendeskripsikan
kemampuan membaca apresiatif teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 30
Padang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Ketiga,
menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap
kemampuan membaca apresiatif teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 30
Padang.
Teori yang digunakan dalam penelit ian ini adalah sebagai berikut.
Pertama, kemampuan membaca apresiatif. Kedua, drama. Ketiga, pembelajaran
kooperatif. Jenis penelit ian ini adalah penelit ian kuant itatif dengan metode
eksperimen. Data penelit ian diperolah melalui data kemampuan membaca
apresiatif teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw
dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Data kemampuan
membaca apresiat if teks drama menggunakan model pembelajaran kooperatif
jigsaw dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw
dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk melihat ada t idaknya
pengaruh yang terjadi.
Hasil penelit ian menunjukkan bahwa. Pertama, kemampuan membaca
apresiatif teks drama tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw
tergolong cukup (C). Kedua,kemampuan membaca apresiat if teks drama siswa
kelas VIII SMP Negeri 30 Padang dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif jigsaw berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, terdapat
pengaruh yang singnifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif
jigsaw dalam pembelajaran membaca apresiatif teks drama siswa kelas VIII SMP
Negeri 30 Padang.
Berdasarkan hasil penelit ian ini disimpulkan bahwa pembelajaran
membaca apresiat if teks drama dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif jigsaw lebih baik dibandingkan dengan membaca apresiat if tanpa
menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t thitung
> t tabel.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:03
Last Modified: 24 Nov 2025 01:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item
View Item