Kontribusi Status Gizi terhadap Kemampuan Motorik Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Pangilun Padang

Swabuana, Dita (2011) Kontribusi Status Gizi terhadap Kemampuan Motorik Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Pangilun Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DITA_ SWABUANA_ PUTRI_89924_2011.pdf] Text
final_B1_DITA_ SWABUANA_ PUTRI_89924_2011.pdf

Download (139kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari pengamatan atau
observasi yang penulis lakukan di lapangan, bahwa rendanya
kemampuan motorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung
Pangilun Padang. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya
kemampuan motorik tersebut diantaranya adalah status gizi. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Pangilun Padang.
Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Pangilun Padang yang berjumlah sebanyak 779 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 26 orang siswa putera. Data
dikumpulkan dengan melakukan pengukuran terhadap kedua variabel.
untuk status gizi dengan melakukan tes antrophometri. Sedangkan untuk
memperoleh data kemampuan motorik dilakukan tes kemampuan motorik.
Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Status gizi berkontribusi
sebesar 17,72% terhadap kemampuan motorik siswa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Gunung Pangilun Padang. Sedangkan sisanya 82,28%
dipengaruhi oleh variabel lain, seperti latihan-latihan olahraga, kebiasaan
siswa dalam beraktifitas fisik dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:29
Last Modified: 24 Nov 2025 03:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30573

Actions (login required)

View Item
View Item