Lova, Dira Martika (2011) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan di TK Aisyiyah VI Ulak Karang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DIRA_MARTIKA_LOVA_88462_3351_2011.pdf
Download (745kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena masih rendahnya kemampuan berbahasa anak di kelompok B1 TK Aisyiyah VI Ulak Karang Padang. Berdasarkan fenomena ini maka tujuan dari penulisan ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dan untuk memotivasi anak dalam mengembangkan kemampuan berbahasanya. Melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan
media boneka tangan, anak diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berbahasanya dan mengeluarkan ide yang kreatif yang dapat memperkaya kosa kata anak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di TK Aisyah VI Ulak Karang. Sebagai subjek penelitian adalah
kelompok B1 tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah anak sebanyak 14 orang.Teknik pengumpulan data melalui observasi teknik analisis data menggunakan presentase.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) gambaran kemampuan meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam bercerita dengan menggunakan boneka tangan menunjukkan bahwa kemampuan anak meningkat dalam bercerita,hasil persentase lebih rendah sebelum menggunakan boneka tangan bandingkan
dengan menggunakan media boneka tangan, pada siklus satu dilaksanakan tiga
kali pertemuan selalu meningkat dan pada siklus kedua semakin meningkat hanya
beberapa orang anak yang mempunyai kemampuan bahasa anak kurang, 2) kemampuan anak dalam bercerita dari siklus I siklus II meningkat melalui kegiatan bercerita menggunakan media boneka, 3) kemampuan anak dalam
berbahasa berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan anak dalam bercerita dari siklus I dan siklus II selalu meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keenam. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 48,5%
meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak meningkat dengan metode bercerita dengan boneka tangan di TK Aisyiyah
VI Ulak Karang Padang meningkat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:40 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30569 |
