Paralyzing Gender Performativity in the Novel Big If by Mark Costello

Era, Dino Pasca (2011) Paralyzing Gender Performativity in the Novel Big If by Mark Costello. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DINO_PASCA_ERA_48193_1962_2011.pdf] Text
final_B1_DINO_PASCA_ERA_48193_1962_2011.pdf

Download (237kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan analisa novel Big if (2002) karya oleh Mark Costello. Permasalahan yang dibahas dalam analisa ini adalah sejauh mana paralyzing gender performativity di tengah masyarakat dan sejauh mana karakter dan setting
mengungkapkan paralyzing gender performativity tersebut. Analisa ini dilakukan dengan mengaplikasikan konsep gender performativity oleh Judith Butler, konsep power dan knowledge oleh Michael Focault, konsep counter power oleh Helen Tiffin, dan konsep indirect resistance oleh Slemon.
Hasil penganalisaan menemukan bahwa gender performativity bukan merupakan suatu hal yang mutlak. Identitas yang berdasarkan gender adalah identitas buatan. Analisa ini juga menunjukkan bahwa gender performativity dapat
dihancurkan karena merupakan konstruksi dari patriarkal. Hal ini diperlihatkan oleh empat karakter utama dalam novel, karakter pertama mematahkan performativitas gender melalui karir dan sikapnya dalam menghadapi hidup di kota super
metropolitan. Karakter kedua berjuang dalam karir dan sebagai orang tua tunggal bagi anaknya. Karakter ketiga sukses menghancurkan performativitas gender dalam
karir dan menerapkan relasi gender yang berbeda dalam kehidupan keluarga dan sosialnya. Karakter keempat dan seorang suami mempraktekkan relasi gender yang
baru dengan menunjukkan apresiasi dan kasih sayangnya kepada istri tanpa dipengaruhi oleh gender performativity.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:46
Last Modified: 24 Nov 2025 03:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30560

Actions (login required)

View Item
View Item