Amril, Arnelli (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbahasa Inggris Berbasis Elektronik Menggunakan Joomla pada Materi Alat-alat Optik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ARNELLI_AMRIL_19863_3376_2013.pdf
Download (441kB)
Abstract
RSBI menuntut pembelajaran yang lebih baik dibanding sekolah biasa, baik persiapan, proses maupun hasil. Untuk itu guru harus menyiapkan perangkat pembelajaraan yang sesuai dengan tujuan RSBI dan sesuai karakteristik siswa, daerah, dan tujuan mata pelajaran fisika. Pada sisi lain, mata pelajaran fisika menuntut guru mampu mengembangkan kemampuan untuk membuat perangkat pembelajaran fisika seperti bahan ajar yang menarik minat siswa sehingga mendorong siswa meningkatkan pengetahuan. Kenyataannya belum tersedia perangkat pembelajaran fisika berbahasa Inggris berbasis elektronik dan pemanfaatan sarana IT yang belum maksimal. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan itu adalah mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbahasa Inggris berbasis elektronik. Dengan harapan guru dan siswa dapat meningkatkan kemampuan mengoperasionalkan komputer karena pembelajaran fisika berbasis elektronik hanya bisa digunakan oleh guru dan siswa yang mampu mengoperasionalkan komputer. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbahasa Inggris berbasis elektronik yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika di R-SMP-BI Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model 4–D. Tahapan penelitian adalah pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessimination). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi RPP, angket validasi Modul siswa, angket validasi LKS, angket respon guru, angket respon siswa, tes hasil belajar, lembar observasi sikap ilmiah siswa dan lembar observasi unjuk kerja ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai rata-rata dan persentase validitas, kepraktisan perangkat pembelajaran dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian perangkat pembelajaran fisika berbahasa Inggris berbasis elektronik menggunakan joomla pada materi alat-alat optik yang terdiri dari RPP, Modul dan LKS. Hasil analisis data menunjukkan RPP, Modul dan LKS yang dikembangkan sangat valid. Hasil angket respon guru dan angket respon siswa menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis. Hasil tes belajar, lembar observasi sikap ilmiah siswa dan unjuk kerja ilmiah siswa menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbahasa Inggris berbasis elektronik menggunakan joomla pada materi alat-alat optik yang valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | fisika |
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 05:07 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 05:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30530 |
