Investigating the Features of Spoken English Grammar Found in Classroom Discussion in English Language Education Program Graduate Program at the State University of Padang.

Febrianto, Romi (2016) Investigating the Features of Spoken English Grammar Found in Classroom Discussion in English Language Education Program Graduate Program at the State University of Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_ROMI_FEBRIANTO_1309452_6177_2016.pdf] Text
final_2_ROMI_FEBRIANTO_1309452_6177_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui fitur-fitur dari tata bahasa Inggris lisan, fitur-fitur tata bahasa Inggris lisan yang paling banyak digunakan dan bagaimana terjadinya fitur-fitur tata bahasa Inggris lisan tersebut dalam diskusi kelas. Disain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa ujaran lisan bahasa Inggris yang diucapkan oleh mahasiswa selama diskusi kelas. Sumber datanya adalah mahasiswa program pascasarjana pendidikan Bahasa Inggris di semester I Universitas Negeri Padang yang mengambil mata kuliah yang menerapkan diskusi dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui rekaman video dan lembar observasi. Ada lima rekaman video. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari lima buah rekaman, ditemukan bahwa semua fitur tata bahasa Inggris lisan digunakan dalam ujaran para siswa dalam diskusi kelas. Kemudian, fitur yang sering digunakan oleh mahasiswa dari lima rekaman tersebut adalah modal expression (Maybe, can, I think, should, have to, could, may, possible, need to, must, and I don’t know) 130 kali, vague language (about, like, can be called, they called, how do we call this? what we called, dan something like that) 120 kali, deixis (now, then dan here) 102 kali, spoken clause structure (and dan so) 74 kali, ellipsis (omission of subject dan verb) 23 kali dan head and tail (reinforcement dan interrogative) 23 kali. Selain itu, terjadinya fitur tata bahasa Inggris lisan yang digunakan dipengaruhi oleh karakteristik tata bahasa Inggris yang diucapkan itu sendiri. Kesimpulannya, seluruh fitur tata bahasa Inggris lisan digunakan oleh mahasiswa program pascasarjana Universitas Negeri Padang dalam ujaran mereka di diskusi kelas dan modal expression menjadi fitur yang paling banyak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Investigating the Features of Spoken English Grammar Found in Classroom Discussion in English
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 05:05
Last Modified: 26 Nov 2025 05:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30520

Actions (login required)

View Item
View Item