Tivana, Engla (2014) “Pengaruh Metode Sugestopedia dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ENGLA_TIVANA_1204039_2944_2014.pdf
Download (955kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada aspek kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Permasalahan yang terjadi yaitu (1) kurangnya motivasi siswa untuk menulis, (2) kurangnya wawasan dan pengetahuan siswa dalam menulis, (3) metode pembelajaran guru yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan siswa tersebut, guru seharusnya menerapkan suatu metode pembelajaran yang efektif dan memberikan peluang kepada siswa untuk dapat berinteraksi lebih aktif dalam kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode sugestopedia dan motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Pengambilan sampel berjumlah 40 siswa dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Angket digunakan untuk melihat motivasi belajar siswa, dan tes unjuk kerja dilakukan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan empat hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis cerpen siswa yang diajar dengan menggunakan metode sugestopedia lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan menggunakan metode sugestopedia lebih baik daripada yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Ketiga, kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan menggunakan metode sugestopedia lebih baik daripada yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung. Keempat, tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar dengan metode pembelajaran dalam mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Salimpaung.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Sugestopedia |
| Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 05:02 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 05:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30510 |
