The Effect of Generating Interaction Between Schemata and Text (Gist) Strategy and Motivation on Students’ Reading Comprehension of Recount Text at the Second Semester of STKIP Dharma Bakti Lubuk Alung

Fitriani, Natalia (2017) The Effect of Generating Interaction Between Schemata and Text (Gist) Strategy and Motivation on Students’ Reading Comprehension of Recount Text at the Second Semester of STKIP Dharma Bakti Lubuk Alung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_MEUTIA_EKA_PUTRI_14178066_2949_2017.pdf] Text
final_02_MEUTIA_EKA_PUTRI_14178066_2949_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam belajar bahasa Inggris, siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti strategi belajar dan motivasi. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi strategi dan motivasi GIST. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi dan motivasi GIST terhadap pemahaman bacaan siswa terhadap teks recount. Penelitian ini dilakukan kepada siswa semester dua dariSTKIP YDB Lubuk Alung Desain penelitiannya adalah kuasi eksperimental dengan faktorial 2x2. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling. II A adalah kelas eksperimen dan II B adalah kelas kontrol. Jumlah sampel sebanyak 46 siswa. Instument dari penelitian ini adalah 25 item tes pemahaman bacaan dalam bentuk pilihan ganda dan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang diajar melalui strategi GIST memiliki pemahaman bacaan yang lebih baik daripada siswa yang diajar melalui strategi konvensional, (2) penggunaan strategi GIST kepada siswa bermotivasi tinggi lebih baik daripada penggunaan konvensional. Strategi siswa yang memiliki motivasi tinggi, (3) siswa termotivasi rendah yang diajar melalui strategi GIST lebih baik dalam membaca pemahaman daripada siswa motivasi rendah yang diajarkan melalui strategi konvensional, (4) tidak ada interaksi antara strategi yang digunakan dalam pembelajaran dan pembelajaran siswa. motivasi. Kesimpulannya, strategi GIST adalah cara yang efektif dalam membaca bacaan siswa dibandingkan dengan strategi konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 05:01
Last Modified: 26 Nov 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30509

Actions (login required)

View Item
View Item