Adel, Adevi Murni (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Perkuliahan Kalkulus II di FKIP UMMY Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ADEVI_MURNI_ADEL_11168_4118_2013.pdf
Download (717kB)
Abstract
Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II FKIP UMMY Solok masih rendah. Hal ini disebabkan kurang variatifnya pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang peningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui pendekatan CTL pada mata kuliah Kalkulus II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang akan digunakan sebagai dasar bagi perbaikan perencanaan pada siklus berikutnya. Subjek penelitian adalah 19 orang mahasiswa semester genap tahun pelajaran 2011/2012 yang mengambil mata kuliah kalkulus II. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dari Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), kuis dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa dengan menggunakan pendekatan CTL dari siklus I dan siklus II. Pemahaman konsep matematika mahasiswa meningkat dari 31,6% pada siklus I menjadi 68,4% pada siklus II. Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa juga meningkat dari 21,1% pada siklus I menjadi 52,6% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada perkuliahan kalkulus II FKIP UMMY Solok. ii
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 04:58 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:58 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30499 |
