Pengaruh Questioning Strategy dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca dalam Teks Narrative pada Siswa Kelas XI IPS SMA Perti Padang

Marzona, Yessy (2015) Pengaruh Questioning Strategy dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca dalam Teks Narrative pada Siswa Kelas XI IPS SMA Perti Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YESSY_MARZONA_19343_2099_2015.pdf] Text
final_2_YESSY_MARZONA_19343_2099_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran reading, strategi pembelajaran dan motivasi mempengaruhi kemampuan membaca siswa. Questioning strategy dapat digunakan sebagai variasi dari strategi pengajaran membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) siswa yang diajarkan dengan questioning strategy lebih bagus hasilnya daripada conventional strategy (2) adanya interaksi antara kedua strategy pemebelajaran dan motivasi siswa terhadap pemahaman membaca text narrative (3) siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan questioning strategy lebih baik daripada yang diajarkan dengan conventional startegy (4) siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajarakan dengan conventional strategy lebih baik daripada yang diajarkan dengan questioning startegy. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design factorial 2x2. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA Perti Padang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI dengan jumlah populasi 40 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh; dimana semua populasi dijadikan sampel. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimental dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah reading comprehension test dan questioner. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua arah (ANOVA 2x2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan Questioning Strategy mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan strategi konvensional, dengan Fo = 196.582 > Ft = 2.69, sehingga Ha diterima. (2) tidak terdapat interaksi antara kedua strategi dan motivasi siswa terhadap pemahaman membaca siswa, dengan Fo = 0.012 < Ft = 2.69, sehingga Ha ditolak. Ketika interaksi tidak terjadi, ini artinya kedua strategy tidak mempengaruhi satu sama lain jadi kita perlu melanjutkan ke hipotesis 3 dan 4. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa questioning strategy dapat digunakan sebagai strategi pengajaran membaca di SMA Perti Padang. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan kajian mendalam tentang questioning strategy yg berkaitan dengan keahlian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Questioning Strategy dan Motivasi terhadap kemampuan pemahaman membaca dalam teks Narrative
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:11
Last Modified: 26 Nov 2025 03:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30496

Actions (login required)

View Item
View Item