Yanda, Arif Budi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Inkuiri pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Painan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ARIF_BUDI_YANDA_1304174_5716_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membangun pengetahuan dan merumuskan konsep sendiri sehingga guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk membangun pengetahuan dan merumuskan konsep sendiri dalam proses pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan inkuiri pada materi listrik dinamis dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dissiminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis materi. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, Handout, lembar kerja peserta didik dan penilaian. Tahap pengembangan dilakukan uji validitas melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik, uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tahap penyebaran dilakukan penyebaran perangkat. Berdasarkan analisis validasi perangkat didapatkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Analisis praktikalitas berdasarkan angket keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon peserta didik didapatkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji efektivitas, dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif digunakan karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi peserta didik pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran fisika berbasis riset dengan pendekatan inkuiri pada materi listrik dinamis sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Fisika |
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:19 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30483 |
